Categories
Opini

Sama, Setara, dan Identik

Sumber Gambar: kompas.com

Mumpung masih heboh hari Kartini, boleh lah sedikit ulasan tentang makna setara, sama, dan identik. Karena pastilah hari Kartini dikait-kaitkan dengan kesetaraan gender, mengingat sosok Kartini lah yang menjadi icon penggiat gerakan kesetaraan gender. Kemudian, lahirlah ungkapan “setara bukan berarti sama”.

Sedikit kritik Penulis ada pada pemilihan kata “sama” sebagai antitesis dari kata “setara”. Penulis lebih setuju bila ungkapannya diganti menjadi, “setara bukan berarti identik”. Walaupun, lebih tepatnya emansipasi tetaplah disebut emansipasi, tidak perlu di istilahkan sebagai pesetaraan atau bahkan persamaan.

Mengapa penulis lebih sreg dengan unkapan “setara bukan berarti identik?” Maka perlu dipahami terlebih dahulu makna dari kata setara, sama, dan identik. Kita mulai dari definisi dalam KBBI:

Setara

  1. sejajar (sama tingginya dan sebagainya):kedua kakak beradik itu duduk ~
  2. sama tingkatnya (kedudukannya dan sebagainya); sebanding: pilihlah istri yang ~ denganmu
  3. sepadan; seimbang: tenaga yang dipergunakan harus ~ dengan hasilnya

Sama

  1. serupa (halnya, keadaannya, dan sebagainya); tidak berbeda; tidak berlainan:pada umumnya mata pencaharian penduduk desa itu —kedua soal itu — sulitnya
  2. berbarengan; bertepatan:kedua tamu itu datang pada waktu yang —
  3. sepadan; seimbang; sebanding; setara:sebagai calon istri, pendidikan gadis itu tidak — dengan pendidikanmu

Identik

  1. sama benar; tidak berbeda sedikit pun:keputusan PBB tidak harus selalu — dengan kepentingan negara-negara besar
  2. sama dan sebangun

Melihat definisi di KBBI tersebut, pastilah susah di pahami! Lihatlah, didefinisi “Setara : Sama Tingkatnya”, definisi lainny adalah “Sepadan”. Kemudian salah satu definisi kata “Sama” adalah “Sepadan”, yang merupakan salah satu definisi kata “Setara”. Lebih membingungkan lagi pada kata “Identik”, definisinya “sama benar”, maksudnya apa coba?

Kata “sama” sebetulnya menggambarkan makna atau nilai yang terkandung tidak lah berbeda. Konsep “sama” sendiri terlibat dalam konsep setara dan identik. Maksudnya begini, didalam “setara” itu ada hal yang “sama”. Contohnya, 1 meter dan 3,28084 kaki. Keduanya sama panjang. Akan tetapi berbeda satuan. Maka dapat dikatakan bahwa 1 meter dan 3,28084 kaki itu setara. Jadi, ungkapkan bahwa “setara bukan berarti sama” itu tidak tepat. Karena bila setara, sudah pasti sama nilainya, akan tetapi berbeda jenis. Sedangkan identik, bermakna nilai dan jenis yang sama. Dengan kata lain, tidak ada perbedaan. Sehingga ungkapan “setara bukan berarti identik” lebih cocok, karena setara dan identik memiliki pertentangan konsep walaupun keduanya menggunakan konsep “sama”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *